Toilet di Stasiun Gambir Jakarta ‘Mendadak’ Gratis

Jakarta – Sejak kemarin sore (Minggu, 28/10/2012), semua toilet Stasiun Gambir, Jakarta serentak memasang stiker ‘Toilet Gratis’. Padahal sebelumnya, pengguna toilet Stasiun Gambir di luar peron harus merogoh kocek Rp 2.000 untuk sekali masuk.

“Semua gratis mas sekarang, sejak kemarin sore. Semua ditempel stikernya,” kata seorang penjaga kebersihan di Stasiun Gambir yang tak mau disebutkan namanya kepada detikFinance, Senin (29/10/12).

Ia mengaku tak tahu menahu alasan digratiskannya toilet tersebut. Menurutnya, untuk masuk ke beberapa toilet memang sebelumnya dikenakan tarif Rp 2.000.

“Nggak tahu kenapa. Orang kan kadang nggak ada receh, tapi tetep bayar Rp 2.000,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam berita sebelumnya kemarin siang, seorang penumpang kereta api bernama Tika menyesalkan masih dipatoknya tarif khusus toilet di Stasiun Gambir. Toilet tersebut merupakan fasilitas umum yang seharusnya gratis.

“Payah mas, masih saja dipalak Rp 2.000. Meskipun bersih sekali tapi sayang jika harus bayar,” tutur Tika kemarin.

Jauh sebelumnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengklaim terus berkomitmen membenahi sarana pelayanan kereta dan stasiunnya. Toliet stasiun pun telah disulap berbeda menjadi bersih dan ‘kinclong’.

Direktur Utama KAI Ignasius Jonan pernah memamerkan betapa bersihnya toilet di stasiun Gambir, Jakarta. Jika kita ingat, toilet tersebut pernah dipakai Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk mandi saat akan melakukan rapat pimpinan, pada Selasa (24/7/2012) lalu.

“Hampir semua stasiun sudah diperbaiki toiletnya. Paling kurang gratis dan bersih. Tujuannya adalah meningkatkan pelayanan,” ujar Jonan waktu itu.

Sebelumnya, Jonan pernah berani bertaruh untuk membandingkan kondisi Stasiun Kereta Gambir, Stasiun Senen di Jakarta Pusat dengan stasiun moda lainnya. Bahkan mantan direktur Citi Grup ini yakin kondisi stasiun Gambir lebih bagus dari Bandara Soekarno-Hatta.

Jonan pernah memperlihatkan kondisi toilet Stasiun Gambir yang terlihat bersih dan tertata apik, bahkan aroma yang tak sedap, yang lazim di toilet-tolet umum, tak tercium. Ia juga menjamin tak ada satu pun puntung rokok yang tercecer di kawasan Stasiun Gambir.

Advertisements

One thought on “Toilet di Stasiun Gambir Jakarta ‘Mendadak’ Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s